Wednesday, May 15, 2013

Cara Menghapus/Cropping Gambar Menggunakan Layer Mask

 Photoshop identik dengan keperluan dimana seseorang ingin menghapus bagian gambar/foto yang tidak diinginkan. Namun kebanyakan orang awam menggunakan fitur tool 'Eraser' disaat melakukan proses ini. Tidak salah! Hanya saja apabila melakukan proses menghapus menggunakan tools ini, anda hanya bisa mengembalikan proses anda yang salah, sebanyak jumlah cache memori yang disimpan di menu history. Nahkalau waktu lalu saya membagikan tutorial mengenai cara membuat pas foto, maka tutorial ini bisa membantu anda dikala melakukan cropping latar untuk pas foto anda. Akan tetapi tutorial kali ini tidak akan menggunakan fitur history atau eraser. akan tetapi menggunakan 'Layer Mask'. Pernah dengar dengan fitur ini? Fitur ini memungkinkan user untuk mengembalikan gambar yang sudah dihapus/dihilangkan tanpa harus khawatir dengan jumlah memori cache yang tersimpan di menu history. Bagaimana cara lengkapnya? Simak penjelasan berikut!

Menu layer mask dapat dengan mudah kita temui di bagian bawah daripada tampilan menu layer. Ditandai dengan ikon kotak dan lingkaran putih di tengahnya. Perhatikan gambar di atas, yang saya tandai lingkaran merah.

Cara menggunakannya adalah, dengan memilih layer yang akan anda lakukan penghapusan/cropping. Kemudian tekan menu 'layer mask' tersebut. Bila berhasil, maka tampilan layer anda akan menjadi seperti di atas. Akan muncul satu kotak dengan warna putih di samping layer gambar anda.

Selanjutnya, untuk melakukan penghapusan/cropping biasanya saya menggunakan brush. Perhatikan! Gunakan warna hitam untuk menghapus/cropping. Proses pewarnaan hitam ini dilakukan pada layer mask, bukan pada layer utama. Jadi, klik dahulu layer mask, kemudian lakukan penghapusan menggunakan warna hitam pada canvas gambar. Bila berhasil maka kurang lebih akan menjadi seperti tampilan gambar di atas.

Sedangkan apabila suatu saat anda melakukan kesalahan dalam cropping, maka anda tidak perlu khawatir. Anda tinggal mengganti settingan warna anda menjadi putih, kemudian lakukan proses pewarnaan kembali di canvas layer mask. Bagian yang anda berikan sapuan warna putih akan kembali muncul. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan kesalahan penghapusan.

INGAT! Proses pewarnaan menggunakan hitam dan putih, dilakukan pada canvas layer mask bukan layer utama. Jadi jangan lupa mengklik dahulu layer mask sebelum anda mewarnai/menghapus/cropping gambar pada canvas

Semoga tutorial singkat kali ini bisa bermanfaat. Semua bentuk saran, kritik dan masukan sangat saya terima guna membangun blog ini. Jangan lupa untuk dibagikan apabila tutorial ini dianggap berguna. Terima kasih!

0 comments:

Post a Comment