Thursday, April 25, 2013

Cara Membuat Pas Foto Dengan Photoshop

Setelah lama bingung mengenai materi apa yang sebaiknya saya bagi, saya pun akhirnya bertanya pada teman mengenai hal apa yang umumnya ingin dipelajari oleh para pengguna photoshop. Kemudiam saya pun di berikan ide untuk membagai cara membuat pas foto, hingga mencetaknya dengan menggunakan kertas foto dan printer biasa. Menurut teman saya, hal simple seperti ini justru menarik untuk dibahas karena banyak manfaatnya. Misalnya butuh pas foto untuk apply lamaran misalnya, tapi tidak punya waktu untuk pergi ke studio untuk foto. Tinggal menggunakan printer dan laptop/pc di rumah kita sudah bisa membuat pas foto sendiri. Nah kalau di postingan sebelumnya saya membahas cara menggunakan fitur layer blending pada photoshop, maka pada postingan kali ini tidak ada fitur khusus dari photoshop yang akan kita gunakan. Tutorial kali ini kita hanya akan menggunakan fungsi umum seperti layer, move tool dan transform. Bagaimana caranya? Baca tutorial lengkapnya.

1. Tentukan Ukuran Foto

Gambar 1
Untuk tutorial kali ini saya menggunakan ukuran 4x6. Tapi apabila anda ingin membuat pas foto dengan ukuran lainnya, anda tinggal menentukan sendiri nilai ukuran dari pas foto yang akan anda buat. Perhatikan widht, height dan resolution yang saya lingkari merah. Atur nilai satuan width dan height menjadi cm. Kemudian nilai resolusi menjadi 300 pixel/inch agar foto yang nantinya dicetak beresolusi besar sehingga tidak akan terlihat pecah pixelnya. Selanjutnya anda tinggal mengisi nilai width dan height sesuai dengan ukuran foto yang akan dibuat.

2. Pindah Sumber Foto

Gambar 2
Setelah langkah pertama berhasil dibuat, anda akan memiliki kanvas dengan ukuran 4x6cm. Selanjutnya anda tinggal memindahkan hasil jepretan foto anda ke kanvas yang telah anda buat tadi. Sumber foto bisa berupa hasil jepretan dengan kamera handphone, kamera digital, atau kamera DSLR. Akan tetapi jangan lupa menyesuaikan latar belakang foto dengan warna latar yang anda butuhkan. Agar anda tidak perlu lagi repot mengubah warna latar pas foto anda.

3. Sesuaikan Ukuran dan Posisi Foto
Gambar 3
Langkah selanjutnya adalah mengatur posisi dan ukuran sumber foto dengan kanvas yang telah dibuat sebelumnya. Hasil jepretan foto pastilah akan lebih besar daripada kanvas dengan ukuran pas foto. Cara mengubah ukuran adalah dengan menekan tombol pada keyboard CTRL+T atau dikenal dengan fitur free transform. Setelah menekan tombol tersebut, akan muncul seperti bingkai pada kanvas ditandai dengan titik-titik pada pinggirannya. Apabila tidak terlihat maka anda perlu meng-zoom out tampilan dengan menekan tombol CTRL+ min (-). Apabila sudah di zoom out hingga panel bingkai transfrom telah muncul, anda tinggal menggeser titik-titik pada sudutnya hingga mendapatkan ukuran yang sesuai. Ingat! Tekan tombol SHIFT+ALT disaat anda menggeser titik, agar perbandingan panjang dan lebar tidak akan berubah. Bila sudah, tekan tombol CTRL+E (merge) hingga yang ada tinggal 1 layer saja pada menu layer.

4. Buat Kanvas Kertas Foto

Gambar 4
Selanjutnya, buat kanvas berukuran kertas foto yang akan digunakan untuk mencetak foto. Kertas foto umumnya berukuran A4. Tapi apabila ukuran kertas foto yang anda gunakan bukan A4, sesuaikan nilai ukuran width dan height dengan ukuran kertas foto yang akan anda gunakan. Untuk ukuran kertas foto A4 perhatikan yang saya lingkari merah. Pada menu preset, pilihlah international paper. Kemudian untuk menu size pilihlah A4.

5. Pindah Hasil Ukuran Foto ke Kanvas Kertas Foto

Gambar 5
Berikutnya, hasil penyesuaian ukuran foto jepretan dengan ukuran pas foto yang sudah anda lakukan hingga langkah ke-3 di atas, pindahkan ke kanvas berukuran kertas foto yang anda buat di langkah ke-4 di atas. Apabila sesuai dengan yang telah saya ajarkan, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di atas (gambar 5).

6. Perbanyak Sesuai Kebutuhan

Gambar 6
Setelah langkah ke-5 selesai, anda tinggal memperbanyak pas foto tadi sesuai dengan jumlah yang anda butuhkan. Caranya dengan men-duplicate atau dengan menekan tombol CTRL+J. Kemudian sorong ke samping dengan menggunakan move tool (shortcut V).

7. Tentukan Ukuran Hasil Print

Gambar 7
Langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran hasil cetakan. Perhatikan yang saya beri tanda merah di gambar 7. Menu tersebut bisa diakses dengan menekan tombol CTRL+P (Print). Setelah menu print muncul, tekan menu print settings kemudian tentukan ukuran kertas cetakan pada menu paper size. Pilihlah sesuai dengan ukuran kertas foto yang akan digunakan. Dalam tutorial ini saya menggunakan ukuran A4.

8. Center Image

Dan yang terakhir adalah, jangan lupa mengklik/mencentang center image agar gambar tercetaj benar-benar di bagian tengah pada bagian kertas foto yang anda gunakan. Selanjutnya, nyalakan printer anda, masukan kertas foto, dan foto anda siap dicetak.

Mudah-mudahan tutorial kali ini bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Apabila ada salah penulisan, mohon dimaafkan. Dan saya sangat menerima adanya masukan dan saran dari para pembaca. Jangan lupa membagikan blog ini apabila anda merasa terbantu. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment